Sakit juga harus antri

Sakit juga harus antri.

Saat ini di Surabaya semakin banyak berdiri rumah sakit dan klinik kesehatan baru. Hal ini bisa menunjukan bahwa bisnis kesehatan semakin menjanjikan, peluang inilah yang dilihat oleh para pebisnis.

budi hermantoSemakin maraknya rumah sakit juga bisa memperlihatkan bahwa masyarakat semakin sadar bahwa jika mereka sakit mereka akan mencari solusinya di rumah sakit. Bahkan ada beberapa rumah sakit yang didirikan dengan specialis penanganan tertentu, misal rumah sakit kanker, rumah sakit bersalin, rumah sakit bedah dan sebagainya. Dengan fokus pada penanganan tertentu seperti itu, tentu diharapkan para penderita sakit tertentu itu akan menuju rumah sakit tersebut. Hal ini sekaligus menyelipkan doktrin bahwa rumah sakit dengan specialis tertentu akan bisa memberikan penanganan lebih baik dari rumah sakit umum, padahal realitanya tidak juga.

Masih terngiang di ingatan saya, dulu di masa kanak-kanak saya di gahun 80an, rumah sakit itu sesuatu yang misteri, rumah sakit itu sesuatu yang menyeramkan, rumah sakit itu sesuatu yang sebaiknya dihindarkan. Pernah ketika kakek saya sakit liver hingga harus dirawat di rumah sakit umum terbesar di Surabaya saat itu, saya menjenguk bersama nenek saya, yang terlihat saat itu sungguh lengah. Tak banyak yang lalu lalang di rumah sakit, hingga tampilan tembok putih dan para suster berjubah dengan aroma khas bau obat bercampur alkohol menjadi sebuah sensasi yang menyeramkan bagi saya saat itu.

Coba bandingkan dengan sekarang, rumah sakit sudah seperti terminal. Apalagi rumah sakit umum yang memang terkenal lebih murah, pemandangan layaknya pasar tradisional dengan kerumunan orang yang berdesak-desakan bisa dijumpai di rumah sakit. Ironis, ketika para penderita sakit yang memerlukan penanganan yang cepat dan nyaman sulit didapatkan di rumah sakit umum. Ada yang bilang, ya kalau mau cepat dan nyaman ya pergi saja ke rumah sakit swasta. Inilah yang dimanfaatkan oleh rumah sakit swasta, mereka memiliki layanan yang lebih cepat dan nyaman, bahkan dengan kebersihan lingkungan rumah sakit yang sangat lebih terlihat bersih jika dibandingkan dengan rumah sakit umum.

Tapi apakah memang harus seperti ini, yang berduit akan mendapatkan yang lebih? Apakah tidak ada solusi yang lebih baik?

Budi Hermanto on blog

Posted from WordPress for Android on Xperia Pro

Use Facebook to Comment on this Post