Hastag #SayaIndonesia #SayaPancasila pada 1 Juni 2017

Hastag #SayaIndonesia #SayaPancasila pada 1 Juni 2017

Hastag #SayaIndonesia #SayaPancasila pada 1 Juni 2017

Hastag #SayaIndonesia #SayaPancasila jadi salah satu trending topik pada beberapa hari yang lalu. Bukan asal muncul, ternyata hastag tsb memang digagas oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo atau yang biasa disapa akrab dengan panggilan Jokowi, untuk menyambut pekan peringatan hari lahir Pancasila. 

Indonesia saat ini sedang mencapai tahap kritik-kritiknya, saya tidak mau mengatakan perpecahan karena memang yang saya lihat saat ini adalah tingkat kritikan yang tren di masyarakat. Kalau ada yang berlebihan hingga cukup meresahkan masyarakat, tentu itu tugas yang berwajib seperti polisi dan tentara untuk meluruskan kembali di jalur negara hukum di Indonesia. Bagaimanapun Indonesia adalah negara hukum. 

Gagasan Presiden Jokowi
Presiden Jokowi memang terlihat berusaha mengingatkan kembali, sekaligus mempromosikan kembali akan adanya Pancasila sebagai dasar bernegara di negeri tercinta ini. Diakui atau tidak, tingkat pengetahuan akan Pancasila di generasi yang masih ada saat ini,  secara umum memang merosot. Jadi hastag #SayaIndonesia #SayaPancasila memang diharapkan bisa membuat kita semua bisa kembali belajar akan keberadaan Pancasila, bukan hanya sekedar hafal sila-silanya, namun juga menghayati dan mempraktekan dalam berkedudukan bermasyarakat. 

Baca: Nomor telepon menteri di kabinet Jokowi

Pancasila
1. Ketuhanan Yang Maha Esa.
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab.
3. Persatuan Indonesia.
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sejarah panjang bisa kita pelajari ketika para pejuang dan pendiri bangsa ini telah berembug dan memutuskan Pancasila sebagai dasar negara kita. Memang kemunculan Pancasila di 1 Juni 1945 masih mentah, hanya garis besar saja, belum spesifik, sehingga proses pembenahan berembug kembali dilakukan para pendiri bangsa seperti Soekarno, M. Hatta, M. Yamin dan lainnya. Dan akhirnya Pancasila yang kita pakai hingga sekarang adalah Pancasila yang diresmikan dalam kenegaraan pada 18 Agustus 1945.

#SayaIndonesia #SayaPancasila 1 Juni 2017

Masyarakat yang aktif di media sosial dengan bombastis segera memakai hastag #SayaIndonesia #SayaPancasila, bukan berarti lebih Indonesia atau lebih Pancasila dari masyarakat yang lain, tidak sama sekali. Seperti diawal, hastag itu sebagai pengingat kita sekalian, sekaligus media promo akan adanya pekan peringatan lahirnya Pancasila. Sekali lagi kita harus mengenal lebih dalam tentang Pancasila, bagaimanapun kehidupan bernegara ini terlalu berharga jika kita tidak pelajari dalam keseharian. Semoga Republik tercinta ini kan selalu bisa menjadi penghidupan yang nyaman bagi kita dan anak cucu kita kelak, amiin.

Baca: Keakraban Prabowo dan Jokowi

Incoming search terms:

  • hastag hastag buat 1 juni
  • hastag juni 2017

Use Facebook to Comment on this Post