Diantara pesta rakyat dan harapan yang kan selalu ada

Diantara pesta rakyat dan harapan yang kan selalu ada

budihermanto.com — Pemilu atau Pemilihan Umum baru akan dilaksanakan lagi pada tahun depan, 2019. Namun gaungnya sudah mulai terasa, selain tentu saja karena Pilkada di sebagian besar wilayah di Indonesia akan dilakukan di tahun ini. Para partai sudah mulai memanaskan mesin kampanye-nya, dan para calon Presiden maupun calon Wakil Presiden sudah mulai berkoar dengan berbagai isu dan pencitraan, walaupun baru penampakan samar saja, karena belum ada yang secara resmi mendeklarasikan diri.

PESTA RAKYAT
Pemilu selalu menjadi pesta rakyat yang meriah, namun untuk kali ini banyak isu-isu negatif yang bermain di dalamnya. Dikatakan negatif karena memperkeruh suasana sekaligus memicu amarah di kalangan rakyat bawah. Bagaimanapun pesta rakyat ini dilakukan untuk membenahi negara dan bangsa ini. Jadi ketika sebuah isu atau kampanye terselubung malah meresahkan masyarakat, maka pesta rakyat mulai bergeser pada tujuannya semula. Tentu saja bagi rakyat Indonesia yang masih ingin hidup rukun di bawah naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia, hal itu menjadi sebuah problem yang meresahkan.

Jaman semakin terbuka, segala informasi begitu mudah tersebar, namun belum semua masyarakat yang bisa memilah informasi, bahkan masih banyak yang terpicu dengan mudah hanya karena sebuah informasi dilabeli agama. Saya sendiri melihat hal ini sebagai sebuah perulangan, sejarah negara ini bisa terlihat memang rentang dengan model taktik adu domba dengan label agama. Bahkan ketika terjadi gesekan di masyarakat Indonesia, maka yang memetik ranumnya kejayaan nantinya adalah para elit politik kekuasaan semata.

Lihat: Nomor urut partai peserta Pemilu 2019

HARAPAN KAN SELALU ADA
Tapi saya tetap optimis dengan keberadaan NKRI, masih banyak orang-orang yang berniat positif untuk menegakan Indonesia, bahkan semakin banyak. Bahkan saya masih yakin bahwa Republik Indonesia ini kan semakin baik dan maju, bagaimanapun negeri ini terlalu indah untuk dihancurkan oleh faham-faham negatif.

Jadi mau ganti Presiden atau tetap, tujuan utamanya adalah membangun negeri ini, mensejahterakan masyarakatnya, dan menjaga keharmonisan kerukunan rakyat Indonesia yang majemuk ini. Insha Allah!

Use Facebook to Comment on this Post