Berkurban ribuan pohon untuk MRL

Berkurban ribuan pohon untuk MRL

Berkurban ribuan pohon untuk MRL.

Sebagai ibukota Indonesia, Jakarta terkenal dengan kemacetan lalu lintas yang luar biasa. Jumlah kendaraan sudah tidak sepadan dengan ruas jalan yang ada, belum lagi diperparah dengan sistem tata kota yang masih banyak bermasalah. Duet gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta yang baru menjabat selama satu tahun ini, Jokowi dan Ahok memang terus berusaha membenahi Jakarta yang memang sudah bermasalah sejak lebih dari tiga puluh tahun yang lalu.

bSalah satu usaha pemkot Jakarta untuk membenahi kemacetan adalah proyek pembangunan monorel (MRL). Dengan adanya MRL ini nantinya diharapkan semakin banyak masyarakat Jakarta yang menggunakan transportasi umum. Tentu saja dengan keamanan, kenyamanan dan harga yang jauh lebih murah bila dibandingkan dengan menggunakan keandaraan pribadi.

Proyek MRL ini tidak akan bisa dengan cepat bisa digunakan, setidaknya dua hingga tiga tahun proyek ini bisa menghubungkan seluruh wilayah Jakarta. Pengerjaan proyek MRL pun sudah dimulai dengan menebang ribuan pohon di jalur hijau (taman kota) yang akan menjadi tempat pembangunan jalur MRL. Memang sangat disayangkan dengan penebangan ribuan pohon itu, apalagi dengan tingkat polusi Jakarta yang sangat tinggi. Kalau boleh diibaratkan Jakarta memang sedang sakit yang cukup parah, dan salah satu usaha berupa proyek MRL ini membutuhkan korban. Korban itu salah satunya adalah ribuan pohon.

Tapi sebagai warga Jakarta juga jangan hanya bisa menyalahkan pemkot, sebab warga Jakarta juga bisa membantu dengan mulai menggemarkan diri menanam tanaman sebagai pengganti ribuan pohon yang ditebang itu. Meang tidak akan langsung bisa menggantinya, tapi setidaknya tidak menyerah dengan keadaan.

Sekecil apapun tanaman yang kita tanam, itu sangat berarti bagi kehidupan di sekitar kita.

Budi Hermanto on blog

Posted from WordPress for Android on Xperia Pro

Use Facebook to Comment on this Post