Australia sadap Indonesia, isu atau harga diri?

Australia sadap Indonesia, isu atau harga diri?

Australia sadap Indonesia, isu atau harga diri?

Dua media besar dari Australia yaitu radio ABC dan surat kabar Guardian Australia memberitakan bahwa telah terjadi penyadapan terhadap presiden Indonesia beserta orang-orang disekitarnya, yang dicurigai dilakukan oleh pemerintah Australia di periode Agustus 2009 yang saat itu masih dipimpin oleh perdana menteri Australia, Kevin Rudd, dari Partai Buruh.

budi hermantoMemang belum ada keterangan resmi dari pemerintah Australian tentang berita penyadapan ini, namun dikabarkan pemerintah Indonesia sudah memanggil pulang dubes Indonesia di Australia dan segera meminta keterangan pada dubes Australia di Indonesia.

Berikut ini yang terkena penyadapan yaitu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (Nokia E-90), isteri Presiden Ani Yudhoyono (Nokia E-90), mantan menkoekuin Boediono (Blackberry Bold 9000), mantan wapres Jusuf Kalla (Samsung SGH-Z370), mantan jubir Presiden Dino Patti Djalal (Blackberry Bold 9000), mantan jubir Presiden Andi Malarangeng (Nokia E-90), mantan mensesneg Hatta Radjasa (Nokia E-90), mantan menkeu Sri Mulyani (Nokia E-90) dan mantan menkopolhukam Widodo AS (Nokia E-90).

Beberapa kalangan berpendapat bahwa sikap pemerintah dengan diplomasi santunnya, terkesan kurang tegas, sebab penyadapan ini sudah mencampuri dapur pemerintahan Indonesia, sekaligus tindakan pencurian data pemerintahan. Sebab apapun perbincangan yang berhasi disadap adalah bagian dari data intern pemerintah. Berbagai kalangan menganggap pemerintah seharusnya minimal memulangkan dengan paksa dubes Australia di Indonesia dan melakukan pemutusan hubungan hingga waktu yang tidak ditentukan. Isu penyadapan ini harus dibuktikan, atau harga diri akan semakin diremehkan.

Bagaimanapun pemerintah Australia harus menghargai Indonesia, dan meminta maaf secara terbuka pada dunia jika memang terbukti melakukan tindak penyadapan.

Budi Hermanto on blog

Posted from WordPress for Android on Xperia Pro

Use Facebook to Comment on this Post