Antara tumor dan kanker

Antara tumor dan kanker.

Kanker adalah penyakit yang unik, bahkan kanker bisa berkembang dan menyerang seluruh bagian organ dalam tubuh. Berikut sekilas tentang kanker dan tumor.

Sel selalu tumbuh.
Memproduksi sel-sel baru yang tentu saja berfungsi untuk pertumbuhan tubuh sekaligus bisa mengganti sel tubuh yang sudah rusak atau sedang sakit, itulah yang dilakukan tubuh secara normal. Bisa dibilang di dalam tubuh yang normal, sel-sel akan tumbuh dan berkembang secara tetap dan konsisten. Tentu saja sejalan dengan bertambahnya usia tubuh, maka kecepatan maupun kekuatan pertumbuhannya akan semakin lambat.

Sel tidak normal.
Namun ada pertumbuhan yang tidak normal, sel yang tumbuh tidak terkontrol bisa menjadi masalah di kemudian hari. Tampak semacam benjolan, awalnya kecil namun bisa terus tumbuh menjadi besar, inilah yang disebut tumor. Secara harafiah, tumor adalah sel-sel yang tumbuh melebihi batas jaringan sel tumbuhnya. Karena dalam tubuh, tiap sel memiliki batas jaringan tumbuh normalnya.

Ada 2 macam tumor.
Tumor dilihat dari cara tumbuhnya, ada tumor jinak dan ada tumor ganas. Tumor jinak berkembang melebihi jaringan selnya dengan lambat dan memiliki selaput yang membuatku sel-selnya, hingga mudah untuk diangkat dalam operasi pembedahan. Berbeda dengan tumor ganas yang tumbuh berkembang dengan cepat dan tidak berselaput, sehingga bisa menyusup cepat ke bagian organ tubuh lain melalui pembuluh getah bening. Tumor ganas inilah yang kemudian berkembang menjadi kanker.

Apakah leukemia termasuk kanker? Baca sekilas penjelasannya nih.

Incoming search terms:

  • cara menggunakan mix safe

Use Facebook to Comment on this Post