Alkes.
Alkes adalah singkatan sekaligus istilah yang dikenal pada umumnya untuk Alat Kesehatan. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan Medical Instrumen. Ada istilah lain yang lebih kompleks yaitu AAKP atau A2KP, Alat-Alat Kesehatan dan Penyelidikan. Namun istilah Alkes paling dikenal oleh masyarakat.

Halaman Alkes ini sengaja budihermanto.com susun secara spesial untuk berbagi pengetahuan terkait alkes yang mulai marak diperlukan, baik bagi perorangan (dokter dan pasien) atau lembaga kesehatan seperti Rumah Sakit atau Puskesmas.

Alkes atau Alat Kesehatan menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI no. 220/Men.Kes/Per/IX/1976 tertanggal 6 September 1976 adalah barang, instrumen, aparat atau alat termasuk tiap komponen, bagian atau perlengkapannya yang diproduksi, dijual atau dimaksudkan untuk digunakan dalam:
1. Pemeliharaan dan perawatan kesehatan, diagnosa, penyembuhan, peringanan atau pencegahan penyakit, kelainan keadaan badan atau gejalanya pada manusia.
2. Pemulihan, perbaikan atau perubahan suatu fungsi badan atau struktur badan manusia.
3. Diagnosa kehamilan pada manusia atau pemeliharaan selama hamil dan setelah melahirkan termasuk pemeliharaan bayi.
4. Usaha mencegah kehamilan pada manusia dan yang tidak termasuk golongan obat.

Berikut beberapa alkes yang saya susun sesuai abjad, terbagi dalam Electro Medic dan Instrument Medic, jika ingin rincian detailnya silahkan klik pada link nama alatnya.

ELECTRO MEDIC

Mix Safe, Infant Blending Resuscitator.

Mix Safe Forte, Infant Blending Resuscitator.

INSTRUMENT MEDIC

Circumcision Set, alat bedah untuk sunat.

Minor Basic Set, alat bedah untuk operasi kecil.

Partus Set, alat bedah untuk melahirkan secara normal.

Vena Sectio Set, alat bedah untuk operasi pembuluh darah vena.

Info detail:
Budi Hermanto
0812 3547 2552
pendar.budihermanto@gmail.com

Use Facebook to Comment on this Post