Ajang berkarya positif

Ajang berkarya positif.

Ajang Kompetisi Deteksi Convention 2013 yang diadakan oleh Jawa Pos telah diselenggarakan dengan cukup sukses. Kegiatan yang selalu berlangsung setiap tahun di Surabaya ini memang menjadi ajang kreatifitas bagi sekolah SMP dan SMU dari Surabaya dan sekitarnya.

bSeperti menjadi semacam ajang pembuktian diri siswa dan sekolahnya, Kompetisi Deteksi Convention setiap tahun selalu menghadirkan nuansa yang cukup heboh di kalangan siswa. Berbagai perlombaan diadakan, seperti lomba mading, model dan wallpaper desain. Lomba mading menjadi perlombaan yang banyak menyita perhatian berbagai kalangan. Sebab di lomba mading dilakukan oleh tim yang dibentuk dari sekolah masing. Disini kreasi dan imajinasi siswa benar-benar bisa terlihat. Setiap mading harus memiliki tema, dan tentu saja isi mading harus bisa menjelaskan tentang tema itu, sekaligus harus dikemas dengan semenarik mungkin.

Tapi dari tahun ke tahun para pemenang masih memperlihatkan dari sekolah-sekolah tertentu yang sudah pernah menang di tahun-tahun sebelumnya. Bukan berarti penilaian juri berat sebelah, tidak sama sekali. Penilaian memang menunjukan kreasi mading yang lebih unggul dari peserta yang lain. Ternyata sekolah-sekolah yang sering menang dalam ajang ini memiliki organisasi tersendiri yang memang dipersiapkan untuk mengikuti ajang ini. Yup, memang sampai seserius itu. Bahkan oraganisasi tersebut menjadi organisasi yang diperebutkan di sekolah masing-masing. Sebab anggota organisasi itu akan menjadi berbagai seleksi, tentu saja otomatis anggotanya akan semakin berkualitas.

Dengan organisasi itu, sekolah peserta akan lebih siap. Sebab tema mading akan dipersiapkan lebih lama, sehingga pengerjaan mading akan menjadi lebih unggul dan detail. Tentu saja organisasi yang sangat positif di kalangan siswa seperti ini, akan sangat membantu bagi siswa untuk mencurahkan kreasi dan imajinasinya.

Ajang semacam Kompetisi Deteksi Convention yang diadakan oleh Jawa Pos ini harus terus diadakan, untuk memberi kesempatan bagi siswa untuk berkarya secara positif.

Budi Hermanto on blog

Posted from WordPress for Android on Xperia Pro

Use Facebook to Comment on this Post